Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Penjasorkes Kls. VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

                  

SMP/MTs                             :    SMP Negeri 64 Jakarta

Mata Pelajaran                     :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                    :    VII (Tujuh )/1 (satu)

 

 

Standar Kompetensi             :    Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

 

Kompetensi Dasar               :    Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar dengan baik, dan nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

 

Indikator                               :    1. Melakukan pasing atas dan pasing bawah dalam permainan bola voli

                                                   2.  Bermain bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi

                                                  

Alokasi Waktu                      :  6 x 2 x 40 menit (6 x pertemuan)

 

A.  Tujuan Pembelajaran

a.  Siswa dapat melakukan pasing atas dan pasing bawah dalam permainan bola voli

b.  Siswa dapat bermain bola voli dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi

 

B.  Materi Pembelajaran

            Permainan bola voli

-   Pasing atas dan pasing bawah dalam permainan bola voli

-   Bermain bola voli menggunakan peraturan yang dimodifikasi

 

C.  Metode Pembelajaran

-   Inclusive (cakupan)

-   Demonstrasi

-   Belajar tuntas

-   Resiprocal (timbal-balik)      

 

D.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

      1.  Pertemuan 1 dan 2

-   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan

-   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

-   Pasing atas dan pasing bawah secara berpasangan dan kelompok

-   Bermain bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok

-   Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar

      2.   Pertemuan 3 dan 4

-   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan

-   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

-   Pasing atas dan pasing bawah secara berpasangan dan kelompok

-   Bermain bolavoli  dengan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok

-   Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar

 

E.  Sumber Belajar

-   Ruang terbuka yang datar dan aman

-   Bola

-   Net

-   Tiang

-   Buku teks

-   Buku referensi

 

D.  Penilaian

 

      1.   Teknik penilaian:

- Tes unjuk kerja (psikomotor): 

                              Lakukan teknik dasar pasing atas dan pasing bawah

 

Keterangan:

Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

 

                  Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 50

                  Jumlah skor maksimal

 

-         Pengamatan sikap (afeksi): 

 

Mainkan permainan bola voli dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif.

 

Keterangan:

Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1

 

                  Jumlah skor yang diperoleh

Nilai  =  —————————————– X 30

              Jumlah skor maksimal

                       

-         Kuis/embedded test (kognisi):

 

Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan bola voli

Keterangan:

Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

 

                  Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 20

                                                Jumlah skor maksimal

 

-   Nilai akhir yang diperoleh siswa =

 

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis                                   

                                   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.   Rubrik Penilaian

 

       RUBRIK PENILAIAN

UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI

 

Aspek Yang Dinilai

Kualitas Gerak

1

2

3

4

 

1.      Posisi awal tangan untuk melakukan pasing atas, di depan atas dahi dengan jari-jari direnggangkan

 

2.      Posisi awal kaki untuk melakukan pasing atas dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan

 

3.      Gerakan lengan melakukan pasing atas mendorong bola ke depan atas diikuti tumit, lutut dan pinggul naik

 

4.      Posisi awal lengan untuk melakukan pasing bawah lurus dan rapat

 

5.      Posisi awal kaki untuk melakukan pasing bawah dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan

 

6.      Gerakan lengan melakukan pasing bawah mendorong bola ke depan atas diikuti tumit, lutut dan pinggul naik

 

 

 

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 24

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

PERILAKU DALAM PERMAINAN BOLA VOLI

 

PERILAKU YANG DIHARAPKAN

CEK (√ )

1.  Bekerja sama dengan teman satu tim untuk membangun serangan

 

2.  Mentaati peraturan

 

3.  Menghormati wasit

 

4.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLA VOLI

 

Pertanyaan yang diajukan

Kualitas Jawaban

1

2

3

4

 

1.  Bagaimana posisi kaki dan tungkai kamu saat melakukan pasing atas ?

 

2.  Di mana perkenaan bola yang benar pada tangan, saat melakukan pasing bawah ?

 

3.  Bagaimana posisi tangan yang benar pada saat melakukan pasing atas ?

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

 

 

 

Mengetahui,                                                                  Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 64 Jakarta

                                                                 

 

 

Drs. Sihar AMH                                                                       Drs. Hardiwan

NIP. 130679329                                                                      NIP.131 883302

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

                 

SMP                                      :     SMP Negeri 64 Jakarta

Mata Pelajaran                     :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester                    :    VII (tujuh) / 1 (satu)

 

Standar Kompetensi             :    Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

 

Kompetensi Dasar               :    Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil dengan baik, dan nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan bersedia berbagi tempat dan peralatan

 

Indikator                              :1.  Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik

 

 2.   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.

     

Alokasi Waktu                       :  2  x 40 menit ( 1 x pertemuan )

 

A. Tujuan Pembelajaran

 

      1.   Siswa dapat Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik

      2.    Siswa dapat bermain tenis meja dengan peraturan yang dimodifikasi

 

B.  Materi Pembelajaran

      Permainan Tenis Meja

-     Teknik dasar memegang bat

-     Servis

-     Pukulan forehand

-     Pukulan backhand

-     Bermain tenis meja menggunakan peraturan yang di modifikasi

 

C.  Metode Pembelajaran

-   Demonstrasi

-   Penugasan

-   Tanya Jawab           

 

D.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

     

            Pendahuluan ( 10 menit)

 

-      Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan

-      Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

 

Inti Pelajaran ( 60 menit )

 

-     Melakukan cara memegang bat untuk memukul forehand dan backhand secara            berpasangan dan kelompok

-      Melakukan permainan tenis meja menggunakan peraturan yang sudah dimodifikasi

 

Penutup ( 10 menit )

 

-         Pendinginan, berbaris, tugas-tugas evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan         bubar

E.  Sumber Belajar

 

-   Buku teks Pendidikan Jasmani ,Roji Erlangga

-   Buku referensi

-   Lembar Kerja Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

 

 

F.  Penilaian

      1.   Teknik penilaian:

- Tes unjuk kerja (psikomotor): 

                              Lakukan cara memegang untuk memukul forehand, backhand pada permainan Tenis Meja

 

Keterangan:

Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                  Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 50

                  Jumlah skor maksimal

 

- Pengamatan sikap (afeksi): 

Mainkan permainan Tenis Meja dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif.

 

Keterangan:

Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1

                  Jumlah skor yang diperoleh

Nilai  =  —————————————– X 30

              Jumlah skor maksimal

 

-  Kuis/embedded test (kognisi):

Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep dan komponen permainan Tenis Meja

 

Keterangan:

Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

 

                  Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 20

                                                Jumlah skor maksimal

 

-   Nilai akhir yang diperoleh siswa =

 

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis                                   

 

 

 

 

 

 

                       

 

 

           

 

  1. Rubrik Penilaian

 

       RUBRIK PENILAIAN

UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN TENIS MEJA

 

Aspek Yang Dinilai

Kualitas Gerak

1

2

3

4

1.  Cara memegang bat untuk servis

2.  Cara melakukan servis

3.  Cara memegang bat untuk pukulan forehand , backhand

4.  Sikap siap memukul forehand , backhand

 

 

 

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16

 

 

RUBRIK PENILAIAN

PERILAKU DALAM PERMAINAN TENIS MEJA

 

PERILAKU YANG DIHARAPKAN

CEK (√ )

1.  Bekerja sama dengan teman satu tim untuk melakukan latihan

 

2.  Mentaati peraturan

 

3.  Menghormati wasit

 

4.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 4

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN TENIS MEJA

 

Pertanyaan yang diajukan

Kualitas Jawaban

1

2

3

4

 

1.  Bagaimana posisi kaki, badan dan tangan kamu saat siap menunggu bola?

2.  Bagaimana gerakan ayunan tangan kamu saat melakukan pukulan forehand , backhand ?

3.  Bagaimana posisi kaki, badan, tangan dan pandangan kamu setelah melakukan pukulan forehand, backhand ?

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

 

 

 Jakarta, 3 Februari 2008

                                                                                    Guru Mata Pelajaran

 

                                                                 

 

 

                                                                                    Drs. Hardiwan

                                                                                    NIP.131 883302

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

             

SMP/MTs                  :  SMP Negeri 64 Jakarta

Mata Pelajaran          :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester          :  VII (Ganjil )

 

Standar Kompetensi            

Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

 

Kompetensi Dasar              

Mempraktikan teknik dasar  salah satu permainan dan olahraga atletik lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan **)

 

Indikator

o       Melakukan teknik dasar lari jarak menengah (gerakan kaki, lengan, posisi badan, pendaratan telapak kaki)

o       Lomba lari jarak menengah dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Alokasi Waktu                       :  2x 2 x 40 menit (2 x pertemuan )

 

A.  Tujuan Pembelajaran

 

a.        Siswa dapat melakukan teknik dasar lari jarak menengah dengan benar

b.       Siswa dapat melakukan lomba lari jarak menengah dengan peraturan yang dimodifikasi,dengan baik 

 

B.  Materi Pembelajaran

       Lari jarak Menengah

-         Teknik dasar lari jarak menengah

-         Lomba lari jarak pendek dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai disiplin, percaya diri dan kejujuran

 

C.  Metode Pembelajaran

-         Inclusive (cakupan)

-         Demonstrasi

-         Part and whole (bagian dan keseluruhan)

-         Resiprocal (timbal-balik)         

 

D.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

      Pertemuan 1

-         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan

-         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

-         Melakukan teknik dasar lari jarak menengah

-         Lomba lari jarak menengah dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan     nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

-         Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar

 

E.  Sumber Belajar

-         Ruang terbuka yang datar dan aman

-         Bendera start dan finish

-         Buku teks

-         Buku referensi, , Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, Jakarta : Erlangga

-         Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

F.  Penilaian

      1.   Teknik penilaian:

- Tes unjuk kerja (psikomotor): 

                              Lakukan teknik dasar lari jarak menengah

Keterangan:

Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                     Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 50

                     Jumlah skor maksimal

- Pengamatan sikap (afeksi): 

Lakukan teknik dasar lari jarak menengah dengan peraturan yang telah dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Keterangan:

Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1

                                 Jumlah skor yang diperoleh

Nilai  =                    —————————————– X 30

                                 Jumlah skor maksimal

                       

 

-  Kuis/embedded test (kognisi):

Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar lari jarak menengah

Keterangan:

Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                     Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 20

               Jumlah skor maksimal

-   Nilai akhir yang diperoleh siswa =

 

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis                                   

                       

           

 

2.   Rubrik Penilaian

 

 

       RUBRIK PENILAIAN

UNJUK KERJA TEKNIK DASAR LARI JARAK MENENGAH

 

Aspek Yang Dinilai

Kualitas Gerak

1

2

3

4

1.      Gerakan lengan diayun depan belakang beberapa senti di atas pinggang

2.      Gerakan kaki tidak terlalu cepat

3.      Pendaratan telapak kaki menggunakan tengah telapak kaki

4.      Posisi badan tidak terlalu condong ke depan

 

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

PERILAKU DALAM LARI JARAK MENENGAH

 

PERILAKU YANG DIHARAPKAN

CEK (√ )

1.  Bekerja sama dengan teman dalam melakukan kegiatan

 

2.  Toleransi/menghargai lawan

 

3.  Percaya diri/keberanian( bersungguh-sungguh dalam bermain)

 

4.  Bersedia berbagi tempat dan peralatan

 

  

 

Jumlah

 

Jumlah Skor Maksimal = 4

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

PEMAHAMAN KONSEP LARI JARAK MENENGAH

 

Pertanyaan yang diajukan

Kualitas Jawaban

1

2

3

4

1.       Bagaimana pendaratan telapak kaki lari jarak menengah?

 

2.       Bagaimana posisi gerakan lengan yang benar pada saat melakukan lari jarak menengah?

 

3.       Bagaimana posisi badan yang benar pada saat melakukan lari jarakmenengah ?

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                  Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 64 Jakarta

                                                                 

 

 

Drs. Sihar AMH                                                                       Drs. Hardiwan

NIP. 130679329                                                                      NIP.131 883302

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

                 

SMP/MTs                             :     SMP Negeri 64 Jakarta

 

Mata Pelajaran                     :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

 

Kelas/Semester                    :    VII (Tujuh )/1 (satu)

 

Standar Kompetensi             :    Melakukan latihan kebugaran jasmani berdasarkan prinsip latihan, memiliki pengetahuan dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

 

Kompetensi Dasar               :    Melakukan jenis latihan kebugaran jasmani berdasarkan prinsip latihan kekuatan, daya tahan otot, daya tahan jantung, dan paru-paru, serta menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dan tanggung jawab

 

Indikator                               :    1. Mengetahui beberapa komponen kesegaran jasmani

                                                   2.  Melakukan berbagai latihan untuk pengembangan kekuatan otot kaki, lengan, bahu, dada, perut dan punggung

                                                  

Alokasi Waktu                       :  2 x 2 x 40 menit (2 x pertemuan )

 

 

A.  Tujuan Pembelajaran

 

a.       Siswa dapat menjelaskan konsep kesegaran/kebugaran jasmani, dengan benar

b.      Siswa dapat menyebukan 6 komponen kebugaran jasmani, dengan benar

c.       Siswa dapat melakukan bentuk latihan pengembangan kekuatan:

-      Otot kaki, dengan baik

-      Otot lengan, dengan baik

-      Otot bahu, dengan baik

-      Otot dada, dengan baik

-      Otot perut, dengan baik

-      Otot punggung, dengan baik

 

B.  Materi Pembelajaran

-     Komponen kebugaran jasmani

 

C.  Metode Pembelajaran

-   Inclusive (cakupan)

-   Belajar tuntas

-   Resiprocal (timbal-balik)      

 

D.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

      1.  Pertemuan 1

-      Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan

-      Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

-      Penjelasan konsep kesegaran jasmani

-      Penjelasan komponen kebugaran jasmani

-      Melakukan bentuk latihan pengembangan kekuatan otot kaki, lengan, bahu, dada, perut dan punggung

-      Pendinginan, berbaris, tugas-tugas evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar

     

 

 

 

2.   Pertemuan 2

-      Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan

-      Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

-      Penjelasan konsep kesegaran jasmani

-      Penjelasan komponen kebugaran jasmani

-      Melakukan bentuk latihan pengembangan kekuatan otot kaki, lengan, bahu, dada, perut dan punggung

-      Pendinginan, berbaris, tugas-tugas evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar

 

E.  Sumber Belajar

-   Tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung, datar dan aman

-   Alat pencatat waktu

-   Buku teks

-   Buku referensi

 

F.  Penilaian

      1.   Teknik penilaian:

- Tes unjuk kerja (psikomotor): 

                              Lakukan rangkaian tes kebugaran jasmani TKJI yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional

 

Keterangan:

Penilaian tiap komponen tes dilakukan dengan menggunakan pedoman penilaian yang terdapat di dalam TKJI, kemudian dimasukkan ke dalam rumus berikut ini.

 

                  Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 50

                  Jumlah skor maksimal

- Pengamatan sikap (afeksi): 

                                   Melakukan aktivitas dan pengukuran kebugaran jasmani sesuai dengan aturan yang berlaku, dan melakukan dengan sungguh-sunguh.

 

Keterangan:

Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1

 

              Jumlah skor yang diperoleh

Nilai  =  —————————————– X 30

              Jumlah skor maksimal

                       

-  Kuis/embedded test (kognisi):

Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep dan komponen kebugaran jasmani

Keterangan:

Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

 

                  Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 20

                                                Jumlah skor maksimal

 

-   Nilai akhir yang diperoleh siswa =

 

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis                                   

                                   

2.   Rubrik Penilaian

 

 

       RUBRIK PENILAIAN

PERILAKU AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI

 

PERILAKU YANG DIHARAPKAN

CEK (√ )

1.  Saling menolong dengan teman/pasangan

 

2.  Memberi semangat pada teman/pasangan

 

3.  Mentaati peraturan

 

4.  Berlaku jujur

 

5.  Kesungguhan dalam melakukan aktivitas

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMPONEN KEBUGARAN JASMANI

 

Pertanyaan yang diajukan

Kualitas Jawaban

1

2

3

4

 

1.  Sebutkan 4 komponen kebugaran jasmani?

 

2.  Bagaimana cara melakukan latihan untuk otot perut?

 

3.  Bagaimana posisi badan yang benar pada saat melakukan push up?

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                  Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 64 Jakarta

                                                                 

 

 

Drs. Sihar AMH                                                                       Drs. Hardiwan

NIP. 130679329                                                                      NIP.131 883302

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)

 

 

SMP/MTs                             :    SMP Negeri 64 Jakarta

 

Mata Pelajaran                     :    Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

 

Kelas/Semester                    :    VII (Tujuh )/1 (satu)

 

Standar Kompetensi             :    Melakukan senam dasar dan teknik dasar senam lantai berguling ke depan dengan benar, memiliki pengetahuan dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

 

Kompetensi Dasar               :    Melakukan senam dasar dengan bentuk latihan keseimbangan bertumpu pada kaki maupun bertumpu selain kaki (head stand dan hand stand) dan teknik dasar gerak guling depan

 

Indikator                               :    1. Aktivitas bertumpu dengan dahi pada senam dasar

                                                   2. Aktivitas bertumpu dengan tangan pada senam dasar

                                                   3. Gerak guling depan dari posisi jongkok

                                                   4. Gerak guling depan dari posisi melangkah/berdiri

                                                  

Alokasi Waktu                       :  2 x 2 x 40 menit (2 x pertemuan )

 

A.  Tujuan Pembelajaran

a.       Siswa dapat melakukan aktivitas bertumpu dengan dahi pada senam dasar

b.      Siswa dapat melakukan aktivitas bertumpu dengan tangan pada senam dasar

c.       Siswa dapat melakukan gerak guling depan dari posisi jongkok

d.      Siswa dapat melakukan gerak guling depan dari posisi melangkah/berdiri

 

B.  Materi Pembelajaran

      a.   Aktivitas bertumpu dengan dahi pada senam dasar

      b.   Aktivitas bertumpu dengan tangan pada senam dasar

      c.   Gerak guling depan dari posisi jongkok

      d.   Gerak guling depan dari posisi melangkah/berdiri

 

C.  Metode Pembelajaran

-   Inclusive (cakupan)

-   Komando

-   Belajar tuntas

-   Resiprocal (timbal-balik)      

 

D.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

      1.  Pertemuan 1

-      Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan

-      Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

-      Melakukan aktivitas bertumpu dengan dahi pada senam dasar

-      Melakukan aktivitas bertumpu dengan tangan pada senam dasar

-      Pendinginan, berbaris, tugas-tugas evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar

      2.   Pertemuan 2

-      Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan

-      Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

-      Melakukan gerak guling depan dari posisi jongkok

-      Melakukan gerak guling depan dari posisi melangkah/berdiri

-      Pendinginan, berbaris, tugas-tugas evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan bubar

 

 

E.  Sumber Belajar

-   Tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung, datar dan aman

-   Matras atau alas yang lunak

-   Buku teks

-   Buku referensi

 

F.  Penilaian

      1.   Teknik penilaian:

 

- Tes unjuk kerja (psikomotor): 

                              Lakukan aktivitas bertumpu dengan dahi dan tangan, serta lakukan gerak guling depan dari posisi jongkok dan dari melangkah/berdiri

 

Keterangan:

Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

 

                  Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 50

                  Jumlah skor maksimal

 

- Pengamatan sikap (afeksi): 

Melakukan aktivitas bertumpu dengan dahi dan tangan, serta lakukan gerak guling depan dari posisi jongkok dan dari melangkah/berdiri, dan melakukan dengan sungguh-sungguh.

 

Keterangan:

 

Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1

 

              Jumlah skor yang diperoleh

Nilai  =  —————————————– X 30

              Jumlah skor maksimal

                       

-         Kuis/embedded test (kognisi):

 

Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak bertumpu dan berguling

 

Keterangan:

 

Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

 

                  Jumlah skor yang diperoleh

Nilai =  —————————————– X 20

                                                Jumlah skor maksimal

 

-   Nilai akhir yang diperoleh siswa =

 

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis                                   

                                   

 

 

 

 

 

2.   Rubrik Penilaian

 

RUBRIK PENILAIAN

UNJUK KERJA TEKNIK DASAR DALAM SENAM DASAR

 

Aspek Yang Dinilai

Kualitas Gerak

1

2

3

4

 

Pada aktivitas bertumpu pada dahi:

1.   Tumpuan posisi kedua tangan dan tumpuan dahi, membentuk segitiga

2.   Togok badan dan tungkai membentuk garis lurus

 

Pada aktivitas bertumpu pada tangan:

3.   Tumpuan kedua tangan selebar bahu, pandangan ke arah bidang tumpu

4.   Togok badan dan tungkai membentuk garis lurus

 

Pada aktivitas guling depan dari posisi jongkok

5.   Posisi jongkok, dua tangan bertumpu di sisi luar tungkai, tengkuk diletakkan ke bidang tumpu pada saat berguling

6.   Pada saat berguling tangan memeluk tungkai hingga tungkai atas menyentuh dada

 

Pada aktivitas guling depan dari posisi melangkah/berdiri

7.   Dari posisi melangkah/berdiri, tekuk lutut, tundukkan badan hingga dua tangan bertumpu di bidang tumpu, tengkuk diletakkan ke bidang tumpu pada saat berguling

8.   Pada saat berguling tangan memeluk tungkai hingga tungkai atas menyentuh dada

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 32

 

 

       RUBRIK PENILAIAN

PERILAKU AKTIVITAS SENAM DASAR

 

PERILAKU YANG DIHARAPKAN

CEK (√ )

1.  Saling menolong dengan teman/pasangan

 

2.  Memberi semangat pada teman/pasangan

 

3.  Mentaati petunjuk pelaksanaan

 

4.  Menunjukkan keyakinan diri

 

5.  Kesungguhan dalam melakukan aktivitas

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM SENAM DASAR

 

Pertanyaan yang diajukan

Kualitas Jawaban

1

2

3

4

 

1.  Bagaimana posisi awal untuk melakukan aktivitas bertumpu pada dahi?

 

2.  Tunjukkan posisi tangan yang benar saat melakukan aktivitas bertumpu pada tangan?

 

3.  Bagaimana posisi badan yang benar pada saat melakukan guling ke depan dari posisi berdiri?

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12

 

 

 

Mengetahui,                                                                  Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP N 64 Jakarta

                                                                 

 

 

Drs. Sihar AMH                                                                       Drs. Hardiwan

NIP. 130679329                                                                      NIP.131 883302

 

 

      

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: